Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 06 April 2011

Tips Shopping saat Diskon

Hai..

Ini Foto di Swalayan di Jepara
Eh, tanggal muda nih... Pada gajian nih ya.. Atau klu yang gajiannya pas akhir bulan, berarti awal - awal bulan gini masih ada dunk ya... Trus mo dikemanain uangnya, ada yang buat ditabung ada juga yang ga tahan buat membelanjakannya. Hahaha, apalagi para ladies disana.. Including me, yang ga tahan klu ada diskon, sale ato boleh dibilang obral.

Diskon, sale, obral mungkin merupakan kata yang sangat menarik buat kita para cewek. Jangankan cewek, cowok juga banyak yang suka. Apalagi saat event tertentu, pada hari libur, atau perayaan besar lainnya  pusat perbelanjaan atau mal banyak menggelar diskon dan obral. Nah, klu dah gitu banyak orang menjadi kalap untuk shopping, karena berpikir akan memperoleh harga yang murah. Apalagi kalu ada operator dibelakang yang ngasih aba - aba buat cepet2 supaya ga kehabisan, walaaah kita ampe lari ngejar waktu dan berfikir kesempatan hanya sekali aja, langsung deh ngeborong barangnya. Karena pada waktu itu kita berfikir memanfaatkan moment diskon yang ada sehingga dapat menghemat uang. Hmmm apa emang gitu ya...

Foto di Swalayan Jepara juga..hehe
Shopping disaat ada sale emang dapat menguntungkan karena uang yang harus dikeluarkan lebih sedikit dan ini menjadi salah satu cara untuk menghemat. Misalnya, bila pada harga normal kita harus mengeluarkan uang Rp 100.000,- tetapi karena diskon, kita ga perlu mengeluarkan uang sebanyak itu. Bila diskon 50% berarti kita cuman ngeluarin uang Rp 50.000,- untuk barang seharga Rp 100.000,-. Idealnya, uang Rp 50.000,- bisa ditabung atau untuk keperluan lainnya.
Nah, supaya ga  terjebak dengan kata "Sale" atau "Diskon" nih, ato agar kita ga jadi kalap buat membeli semua barang, dan supaya uang tabungan ga terpakai, coba deh perhatikan beberapa hal berikut :
BUAT NOTE BELANJA : Coba deh sekali - kali dalam berbelanja kita mencatat barang-barang yang kita dibutuhkan sebelum berangkat belanja dan buat komitmen pada diri sendiri supaya tetap fokus untuk berbelanja sesuai catatan.
Di Jepara juga..
Dengan adanya catatan, kita tuh lebih dapat mengontrol niat untuk berbelanja, sehingga barang-barang yang hanya merupakan keinginan yang ada dalam keranjang belanjaan. Hal ini aq lakuin pas jaman kuliah ama temen - temen kost. Karena dulu belum kerja, dan masih mengandalkan kiriman dari orang tua, jadi ya suka banget belanja pake catatan kaya gitu ma temen2 yang laen. It's worked, berhasil bangeet untuk menekan segala keinginan kita.

PERBANDINGAN HARGA Kadangkala barang dengan label Sale atau Diskon belum tentu lebih murah. Selisih diskon mungkin hanya beberapa ratus rupiah atau bahkan sebenarnya barang tersebut memang sudah di diskon walaupun ga pada event khusus karena model lama atau ada sedikit cacat.

Pada beberapa barang, harga barang mungkin sudah dinaikkan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, bila memungkinkan, cek harga barang yang sama pada toko lainnya. Wah kok ribet ya.. eiits, tunggu dulu, klu kita mang suka jalan - jalan ato windows shopping buat banding2in harga no problem to?? apalagi klu dah jalan muter2 mall, ga kerasa capeknya kok buat bandingin harga ini dari toko ini ke toko itu.. hehe, paling kerasanya pas kita ntar di rumah.




CHECK & PILIH BARANG YANG SESUAI : Sebelum memutuskan untuk membeli barang, ada baiknya kita check lagi deh mengenai keadaan barabg tersebut, misalnya apakah ada  cacat pada produk atau tidak. Apalagi saat acara diskon, karena kemungkinan barang yang diberi diskon biasanya not 100% good quality.



Misalkan kita dapat barang yang ada cacatnya, tapi kita tergiur harga yang murah, kita pertimbangkan lagi apakah cacat produk sebanding dengan diskon yang diberikan. Jangan sampai kita menyesal ketika barang sudah ditangan dan ada dirumah ternyata tidak muat dipakai, atau dalam jangka waktu singkat sudah rusak hanya karena kita tertarik dengan harga yang ditawarkan sangat murah.


Gimana?? Mendapatkan barang-barang dengan harga yang lebih murah saat obral atau ada diskon memang dapat mengurangi uang yang harus dikeluarkan. Tapi pastikan kita benar-benar memerlukan barang tersebut dan tidak menjadi kalap saat berbelanja. Okeee, moga bermanfaat ya..

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coment...