Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 14 Maret 2011

Serba - serbi kuliner di Jepara

Lama menulis di blog, lom lengkap rasanya membahas kota kelahiranku tercinta ini. 

Peta Jepara
Ya... aq terlahir di Kabupaten Jepara, yang merupakan kota yang indah dengan ragam khas budaya dan segala keindahannya. Kabupaten Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa.

Dua pulau terbesarnya adalah Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Sebagian besar wilayah Karimunjawa dilindungi dalam Cagar Alam Laut Karimunjawa. Penyeberangan ke kepulauan ini dilayani oleh kapal ferry yang bertolak dari Pelabuhan Jepara. Karimunjawa juga terdapat lapangan terbang perintis yang didarati pesawat berjenis kecil dari Semarang.

Jepara dikenal sebagai kota ukir, karena terdapat sentra kerajinan ukiran kayu yang ketenarannya hingga ke luar negeri. Kerajinan mebel dan ukir ini tersebar merata hampir di seluruh kecamatan dengan keahlian masing-masing. Namun sentra perdagangannya terlekat di wilayah Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda. Selain itu, Jepara merupakan kota kelahiran pahlawan wanita Indonesia R.A. Kartini.

Naaah.... selain hal - hal diatas Jepara juga memiliki kuliner yang istimewa, yuuk kita liat diantaranya :
  • Es Gempol = Minuman santan dan gempol (bola dari tepung beras), biasa disajikan manis, asin, hangat ataupun dingin.
Es Gempol
  • Horok-horok = Makanan yang sangat langka dan hanya ditemukan di jepara ini dibuat dengan bahan baku sagu. Cara pembuatan yang cukup aneh yaitu menggunakan sisir rambut. bentuknya seperti busa sterofom yang kenyal dengan rasa sedikit asin. biasanya dimakan sebagai campuran bakso,gado-gado, ataupun lainnya.
Horok - Horok
  • Durian Petruk = Durian ini merupakan varietas unggulan dari Jepara. Banyak yang menjajakan durian di daerah Ngabul.
Durian Petruk Jepara


Tugu Durian Ngabul

Okee itu tadi sebagian kecil kuliner yang ada di Jepara. Masih banyak lagi yang belum diceritain seputar Jepara. Tunggu aja di next posting ya.... see yaaa....

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coment...