Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 08 Maret 2011

Bahagianya di dapuur.....

Hai hai.....

Memasak bisa jadi merupakan kegiatan yang menghabiskan waktu, membosankan dan melelahkan.... ups itu duluuu... Honestly, aq benci bgt pekerjaan ituh... Masih inget waktu belum married dlu... tiap kali dipanggil ibu utk bantuin masak, yang ada mlah pura2 ga denger, pura2 sibuk 'n klu mang lagi ga mood mlah ditinggal aja tuh.. hehe.. sorry ibuuuk...


Cooking Activity
Yup, dimulai dari awal2 semester pertama kuliah dimana disitu temen2 kost mencoba untuk memasak demi penghematan uang saku.. Awalnya sih BT.. aaagh paling benci masak, mending jajan aja dah pilihannya banyak, enak, ga ribet lagi.. Tapi lambat laun, hal itu mulai terkikis seiring berjalannya waktu jadi ikut belajar utk memasak.. heeehee meskipun sebenarnya ga enak2 bgt... Dari mulai belanja kebutuhan, tungguin tukang sayur lewat depan kost..

Naaah, seiring sibuk bekerja hal itu dah ga pernah aq lakuin lagi... Alasannya antara laen karena ga da waktu lagi, pulang kantor capek.. Mending cuci baju deh daripada masak. Trs, married nih, dituntut banget supaya bisa masak... iya seh dah ada yang bantuin masak.. Tapi kan suami penginnya masakan kita.. Whaat whaat... aq dah lupaaa.... Gmn caranya masak yang enak, perpaduan bumbunya...halaah... Klu jajan mlulu mah boros, kapan nabungnya...


Dapur Bersih
Akhirnya i found that there's a lot of fun ternyata kalo berlama2 di dapur n sering mencoba2 resep.. malah akhirnya aq jd ketagihan untuk menerapkan hasil karyaku buat dicoba suami... hahahaa puaaas deeh, meskipun awalnya keasinan, gosong, kepedesan... walllaaah... skrg mah Farah quin aja lewaaat.... wkwkwkkw

Tapi kali ini aq ga bagiin tentang resep ya... tapi aq ada tips - tips nih bagi yang mo nyoba mengawali masak supaya "betah" di dapur :
Kebutuhan Belanja ditaruh di Kulkas
  • Belanja kebutuhan untuk kurun waktu tertentu : Maksudnya sih gini, hal ini aq lakukan sekedar untuk menghemat waktu dan tenaga, cobalah untuk berbelanja kebutuhan untuk kurun waktu tertentu. Biasanya sayuran seperti bayam, kangkung, kemangi dan sawi tidak tahan berada lama didalam kulkas. Berbeda dengan wortel, timun, kentang, kacang panjang, buncis, kol dan daun bawang yang bisa tahan hingga lima hari dalam keadaan baik jika disimpan didalam kulkas.
  • Ada baiknya bahan dasar masakan sudah diolah setengah jadi. Seperti ayam goreng dan empal yang bisa diungkep terlebih dulu dan disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Bumbu dasar juga bisa dibuat dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan cara ini, anda tidak perlu lagi menyisihkan waktu berjam-jam untuk menyiapkan makanan.
  • Perhatikan bahan yang tersisa di kulkas : Jangan pernah meninggalkan benda yang sudah sudah dibeli dan disimpan dalam kulkas dalam waktu yang relatif lama. Pastikan bahan - bahan tersebut sudah benar-benar habis sebelum membeli yang baru.
Bahan Makanan & Penyimpanan di Kulkas
  • Re-organize isi kulkas secara berkala : Jangan pernah lupa untuk memantau isi kulkas. Bersihkan dan pilah-pilah bahan berdasarkan kriteria tertentu. Karena biasanya, kita sering lupa terhadap barang-barang yang sudah dibeli. Pastikan tidak ada barang yang akan terbuang percuma. Peran tanggal kadaluwarsa juga penting.
  • Jaga kebersihan : Pastikan semua alat dan bahan yang akan dan telah digunakan dalam keadaan bersih. Jangan biarkan ada alat kotor yang tertumpuk di tempat mencuci piring. Jangan pula membiarkan sampah bahan makanan terlalu lama di dapur. Kenapa? Karena kuman dan bakteri akan senang sekali hidup disana. Jangan lupa juga untuk menyimpan makanan yang sudah masak dengan baik hingga tidak mudah dihinggapi lalat atau serangga lainnya.
well, ternyata bisa sangat menyenangkan berda di dapur klu kita bisa menerapkan tips - tips diatas... selamat mencoba yaa....

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coment...